Sunday, November 19, 2017

Reputation : RIP The Old Taylor (Review)



Awal kemunculan album Reputation dimulai dengan teka-teki ular ini


“I’m sorry, the old Taylor can’t come to the phone right now,”
 “Why?”
 “Oh, cause she’s dead!”
 -Look What You Made Me Do-



Apa yang menjadi trending topic di twitter beberapa hari belakangan ini? Tentu saja, REPUTATION. Nama album ke enam Taylor Swift yang baru saja dirilis tanggal 10 November kemarin. Album tersebut langsung memecahkan banyak rekor di dunia permusikan, termasuk pemesanan 1 juta copy di Itunes yang menyebabkan Apple Store sempat lag untuk beberapa saat saking banyaknya pembeli yang ingin memiliki lagu-lagu terbaru Taylor Swift di Itunes. Hal lainnya, album ini menjadi album yang paling banyak di pre-order. Banyak rekor yang berhasil dipecahkan oleh album ini, termasuk video clip ‘Look What You Made Me Do’ yang paling banyak ditonton dalam waktu yang singkat.

Saya ingat sekali, beberapa waktu sebelum Taylor mengumumkan akan mengeluarkan album ini, saya sempat memosting sebuah foto di akun instagram saya dan menulis hashtag #TaylorSwiftPleaseComeBack karena pada saat itu Taylor Swift sudah cukup lama vakum setelah konser 1989 nya berakhir. Waktu itu Taylor juga broke up dengan Calvin Harris dan Tom Hiddleston. Calvin Harris menyerang Tay lewat akun twitternya namun tak ada respon dari Tay (ya, ampyun, aye ikutin gossipnya juga.Lol) Ditambah lagi Kanye West mulai gara2 lagi dengan memasukkan patung taylor dalam album gak terkenalnya “Famous”. Kim Kardashian ikut-ikutan dengan mengupload rekaman telepon Kanye dengan Tay dengan menambahkan icon ular yang kemudian indentik dengan Taylor. OMG! Kim apa yang kamu lakukan itu JAHAT! Pokoknya saat itu Tay diserang oleh para haters nya deh! Tidak lama kemudian akun sosial media Tay semuanya kosong alias Tay menghapus semua foto2nya. What happens with her?

Tak lama kemudian fans Tay dikejutkan dengan postingan Tay yang memperlihatkan video ‘makhluk yang bergerak’. Semua fans menebak-nebak kira-kira itu apa ya? Godzilla or something? Tay memosting video mahluk itu secara berkala yang memberikan ‘clue’ kepada para fans nya. Sampai akhirnya fans nya mengetahui bahwa mahluk itu adalah “SNAKE”. Kemudian muncul lyric video single pertamanya di album reputation : Look What You Made Me Do.

Satu persatu semuanya pun terungkap bahwa Tay akan mengeluarkan album baru yang berjudul Reputation. Banyak musisi yang merasa bahwa apa yang dilakukan Taylor pada album ini benar-benar luar biasa, her best masterpiece. Tay mengubah semua celaan dan cemohan menjadi suatu hal yang kreatif. Termasuk memasukkan unsur Snake yang indentik dengan dirinya. Di album ini juga Tay akhirnya not a sweet girl anymore, beberapa kali dia mengucapkan harsh words! Seperti yang dia bilang : Old Taylor has already died. Fans pun penasaran luar biasa dengan album ini. Joseph Kahn, sutradara beberapa video clip Tay, menyebut album ini sebagai “Monster”.


This is a monster!

Wah, pastinya keren banget ya kalau sampai Jo Khan aja bisa berpendapat kayak begitu. Saya beruntung bisa mendengarkan lagu-lagu Taylor bersamaan dengan album itu keluar. Sayangnya di Indonesia album ini belum keluar dan gak tau siapa yang akan menjadi distributornya, mengingat banyak toko-toko kaset/CD yang sudah tutup kan? Bingung deh, nanti beli itu album di mana. Dulu waktu 1989 rilis, saya nitip pada teman yang kebetulan pada saat itu sedang trip ke Amerika. Jadi merasa beruntung banget! Nah, kalo sekarang gimana ya?

Oke, sekarang kita bahas lagunya satu persatu ya!



List lagu Mbak Taylor


1. … Ready For It?

Lagu ini pertama kali saya dengar di Insta story nya akun Taylor Swift di Instagram. Pas denger lagu itu kayak ketemu pacar lama tapi gak tau pacar yang mana…hahaha… Sampai mengira ini lagu lamanya Tay yang belum saya dengar eh ternyata ini single kedua yang dirilis Tay setelah LWYMMD. Saya suka banget sama lagu ini karena musiknya pas banget dan gak biasa. Tay disini juga nge-rap dan membuktikan kualitas vokal dia. Wah dengernya aja saya bisa berkali-kali loh! Isi lagu kayak menggambarkan orang yang sedang jatuh cinta gitu. Mirip-mirip saya gitulah! Hahahah…


2. End Game Featuring Future and Ed Sheran

Omg! Lagu ini benar-benar DOPE! Sumpah lagu ini sebenarnya lagu sendu, berdasarkan liriknya, tapi Tay membuatnya jadi keren dengan hentakan beat dan paduan suara Future and Ed Sheran. Tay dan Ed disini menyanyikan liriknya dengan repetation yang, Ya ampyuunn….keren bingits!! Ini salah satu lagu yang saya suka di album ini.

" I swear I don't love the drama, it loves me "

3. I Did Something Bad

Lagi-lagi Taylor mengezutkan kita semua dengan kata “sh**” di lirik lagu ini. OMG! Old Taylor benar-benar sudah tiada (RIP Old Taylor). Beberapa liriknya juga membuat dia repetation lagi dengan kejutan-kejutan yang bener-bener bikin bertanya-tanya, “Ini seriusan Taylor Swift?”

If a man talks shit, then I owe him nothingI don't regret it one bit, 'cause he had it coming

4. Don’t Blame Me

Kali ini Taylor bikin musik yang mirip-mirip gospel gitu tapi isi liriknya tentang pengakuan dia ‘tergila-gila’ sama ‘someone’. Hahahah… Ditambah lagi musik distorsi nya di bridge, bikin makin kagum deh sama Mbak Tay ini. Gile… Mbak Tay kok kepikiran ya bikin musik kek begini?

Don't blame me, love made me crazyIf it doesn't, you ain't doing it rightLord, save me, my drug is my babyI'll be using for the rest of my life

5. Delicate

Ini salah satu lagu favorit saya. Mbak Taylor membuat musik di lagu ini kayak techno gitu, mirip musiknya Tatu, tapi saya lupa yang mana. Yang pasti di lagu ini banyak dentuman-dentuman yang bikin kita pengen goyang aja…hahaha… Terus liriknya juga lagi-lagi repetition, “isn’t it? Isn’t it? Isn’t it?” Hadeh…semakin lanjut track nya jadi semakin cinta deh…

'Cause I like youThis ain't for the bestMy reputation's never been worse, soYou must like me for me...

6. Look What You Made Me Do

Nah, kalau yang ini kayaknya sudah pada hafal kali ya… Secara single lagu ini aja pas pertama kali muncul udah langsung mecahin rekor. Belum lagi pas video clipnya muncul, dalam waktu beberapa hari aja udah ditonton sekian juta orang! Ya ampyun!! Lagu ini juga lagi-lagi masuk nomer 1 di BillBoard dalam waktu gak lama setelah rilisnya. Pokoknya comebacknya Mbak Taylor ini dimulai dengan lagu ini. Di lagu ini Taylor juga memberitahukan identitas barunya dia dan dia punya #reputation baru. Orang-orang sampai kaget pas tau di lagu ini Taylor lagi-lagi mengucapkan kata “B” word yang gak pernah ada di lagu-lagu dia sebelumnya! Lirik terkenalnya udah pasti “I’m Sorry The Old Taylor can’t come to the Phone right now!” Ditambah lagi video clip nya yang lagi-lagi bikin kita berdecak kagum. Kereeenn!!




7. So It Goes…

Untuk lagu ini Taylor kuat banget di liriknya. Musiknya juga lagi-lagi bikin kita kaget! Ini antara dark nya Taylor digabung sama sikap apatisnya, jadilah lirik yang super keren ini.

Come here, dressed in black nowSo, so, so it goes

8. Gorgeous

Ini adalah single ketiga yang Tay keluarkan video liriknya. Kalau menurut saya ini mirip-mirip Blank Space nya 1989. Dentuman dan suara drum nya di beberapa titik mirip banget sama Blank Space. Yang lucunya, di permulaan lagu ini ada suara anak kecil yang ternyata adalah suaranya James Reynold, anaknya Ryan Reynold dan Blake Lively. Pas lagu ini keluar, para gossiper langsung kaget dengan liriknya yang agak ‘nakal’. Jadilah mereka nebak-nebak sendiri, kira-kira siapa ya si Gorgeous itu? Hahahah…




9. Getaway Car

Masih belum selesai ya, kejutan yang diberikan sama Mbak Taylor. Lagu Getaway Car ini semakin kita kaget ajaaa… Mbak Tay di lagu ini memainkan unsur musik yang rame tapi easy listening. Ditambah lagi liriknya yang bikin orang lagi-lagi bertanya-tanya, ini kisah tentang siapa ya? Hahaha… Udah deh, mending nikmatin aja musiknya ketimbang mikirin gossipnya. Kalau menurut saya ini “Out Of The Wood” nya Reputation.


He was the best of times, the worst of crimes
I struck a match and blew your mind
But I didn't mean it
And you didn't see it

10. King Of My Heart

Kalau lagu ini si Mbak Tay lagi tergila-gila sama ‘someone’ nya. Kayaknya sih ini kisah si Mbak Tay dengan Om JA. Musiknya lagi-lagi bikin kita ‘nganga’. Mbak Tay memadukan dentuman drum, bas yang keren yang techno yang musiknya jadi rame tapi asyik. Kayak makan gado-gado gitu deh. Banyak yang dimasukin tapi rasanya jadi enak. Kamu bener-bener cerdas Mbak Tay!


'Cause all the boys and their expensive cars
With their Range Rovers and their Jaguars
Never took me quite where you do


11. Dancing With Our Hands Tied

Mbak Tay kali ini memadukan beat yang cepat dan dentingan one tuts piano di lirik-lirik awalnya, eh pas udah reff nya…. OMG! Semuanya berubah menjadi slow dan musiknya ikutan berubah dengan drum, piano, dan beat yang santai tapi asyik banget. Sumpah, ini jenius banget! Kalau menurut saya ini bener-bener orisinal buat album Reputationnya dia.

I, I loved you in secret
First sight, yeah, we love without reason
Oh, 25 years old
Oh, how were you to know and


12. Dress

Musik dibuka dengan pelan dan kayak-kayak gospelnya Amy Winehouse gitu. Eh, pas udah sampai ke Reff lagi-lagi Mbak Tay muter balik musik ini jadi kayak lantai disko. Ditambah dengan jentikan jari yang bikin lagu ini simpel tapi asyik.

All of this silence and patience, pining and anticipation


13. This is Why We Cant Have Nice Things

Waaahh…. Ini lagu kesukaan saya di album Reputation. Bagi saya ini ‘Bad Blood’ nya Reputation. Lagu dibuka dengan suara sirene dan repetation dari drum. Lalu bagian awal lagu ini menurut saya mirip musiknya Mbak Lorde. Pas bridge agak mirip ada suara piano yang mirip dengan di lagu ‘LWYMMD’. Nah, pas di reff berubah jadi ceria banget! Reff nya positif dan senang gitu. Setelah itu pas bridge lagi, ini yang bikin saya suka banget! Tay nyanyi dengan dentuman beat dan piano diikuti dengan backing vocal. Dan yang bikin kagetnya….. dia Ketawa ngakak! Ketawanya dia bener-bener asli gak dibuat-buat or jaim gitu. Bener-bener keren banget! Liriknya sendiri berisi tentang pengkhianatan, dan ‘musuh-musuh’ nya yang kayaknya gak suka Mbak Taylor ini tenang. Kalo menurut banyak orang, lirik ini adalah isi hatinya Taylor tentang Kanye West yang gak banget itu…Hahahah…

'Cause forgiveness is a nice thing to doHaha, I can't even say it with a straight face

14. Call It What You Want

Ini adalah single keempat Taylor di album Reputation yang dikeluarkan lirik videonya. Musiknya sendu tapi tetap nge-beat dengan lirik yang kuat. Bagi saya ini lagu yang slow listening dari semua lagu di album ini. Dan… ini juga lagu kesukaan saya di album ini. Paling enak dengerin lagu sambil duduk di tepi jendela bis, kereta, pesawat, sambil ngebayangin ‘seseorang’ di masa lalu. Hahahah… melow banget!







15. New Year’s Day

Inilah lagu penutup yang bener-bener slow. Tanpa beat, drum atau apapun kecuali piano yang dimainkan sama Mbak Tay. Kemudian diikuti sama petikan gitar di reff kedua. Pokoknya sendu-sendu gimana gitu deh… Lagu ini seolah jadi lagu perpisahan di Reputation ini. Aih… Mbak Tay, pinter banget deh, menutup album ini dengan sendu dan manis begini.




Nah, itulah review saya dari album Reputation Mbak Taylor Swift ini. Selain ini adalah album pembuktian Mbak Tay kalau dia adalah orang yang sudah move on, sekaligus membuktikan kalau dia out of her shell. Jadi dia gak akan peduli lagi orang mau bilang apa tentang dirinya. Intinya, The Old Taylor is Dead! Hahaha…

Untuk Indonesia sendiri, kemungkinan album ini akan ada di toko-toko CD or toko buku beberapa bulan setelah Reputation keluar di Amerika. Tapi jangan khawatir, lagu-lagu Mbak Tay udah bisa dibeli di Itunes. Yang pasti, selain CD, Taylor juga menyertakan Majalah Reputation nya satu paket dengan album itu. Beberapa musisi dunia dan kritikus musik yang mereview album ini memberikan respon yang amat sangat positif. Konon katanya, semua lagu di album ini akan dibuatkan lirik videonya atau malah video klip nya. Kalau saya pengen banget ngeliat video klip dari lagu : End Game, This is Why We Cant Have Nice Things, sama Delicate. Kira-kira bakal seperti apa ya? Heheheh…


Bonus Majalah 

Terakhir, saya memberikan album ini nilai 9.5 out of 10. Karena dedikasi Mbak Taylor yang bener-bener keren abis ini. Berkarya terus ya Mbak Taylor! Don’t let haters make you down! I’ll be waiting for your another project! Kalau nulis mau ketemu dia, mimpi kali yeee….hahahaha…***(yas)





Jakarta, 19th of November 2017
@my room, 00.11 am
Di PHP in sama adik sendiri… hiks


1 comment:

Haryadi Yansyah | Omnduut said...

Aku banyak dapet info seputar Tay di postingan ini :D barusan nonton (lagi) Look What You Made Me Do trus aku ngakak karena ada adegan nabrak tiang listrik (atau lampu, whatever hahaha).

Soal perlakuan orang ke dia emang jahaaappp.