Thursday, February 9, 2017

A Clean Girl (A tribute to Lindsay Lohan)





Akhir-akhir ini jagad medsos dihebohkan dengan penampilan "Islami" salah seorang artis wanita asal Amerika, Lindsay Lohan. Tetiba Lindsay jadi sering mengucapkan salam yang diulang-ulang setiap kali dia memosting foto2nya di instagram. Tak hanya itu saja, Lindsay juga memposting fotonya mengenakan scarf khas wanita Turki. Dalam kesempatan yang lain, Lindsay kepergok membawa kitab suci Al-Quran (dear Pak Gubernur di negeri antah berantah, tuh belajar dari Mbak Lindsay).

Tapi apa yang menyebabkan Lindsay Lohan yang biasa disingkat menjadi Lilo ini berubah tiba-tiba? Padahal dulu juga pernah ada rumor Paris Hilton berkerudung dan ke Mekah, Angelina Jolie berkerudung di Pakistan dan Afganistan, Mbak Janet Jackson memakai baju gamis, terlebih dahulu. Tapi kenapa malah mbak Lilo ini yang menjadi heboh banget? Yuk kita telisik.

Lindsay Lohan memang tidak terlihat cantik super wah versi orang-orang Asia. Kecantikan sempurna itu bagi masyarakat Asia itu yang seperti Jeng Katy Perry, Taylor Swift atau Britney Spears (jadul banget ini mbak Britney :) ). Tapi bagi masyarakat USA, raut wajah seperti Lilo ini masuk kategori natural beauty. Cantik yang bukan hasil dari permak wajah. Freckless di wajah, warna rambut merah jagung, dan mata yang besar, bagi mereka itu ajib banget. Kecantikan yang unik yang tidak seperti biasanya. Maka jangan heran kalau Mbak Lilo ini begitu ngetop disana. 

Karier mbak Lilo ini dimulai saat dia menjadi bintangnya Disney. Menjadi bintang cilik dengan label Disney merupakan impian bagi setiap anak yang ada di USA. Kebanyakan jebolan Disney ini sudah besarnya menjadi artis top seperti Christina Aguilera, Britney Spears, Justin Timberlake, dll. Ketenarannya semakin menjadi setelah film anak-anak yang dibintanginya PARENT'S TRAP menjadi box office. Akting si kecil Lilo sebagai identical twin membuat banyak orang memprediksi, "She's gonna be a star!".

Film Lilo yang lain adalah FREAKY FRIDAY yang dibintangi bersama aktris Halloween, Jamie Lee Curtis. Film yang kembali menjadi box office ini semakin menguatkan akting Lilo. Kemudian disusul dengan film CONFESSION OF TEENAGE DRAMA QUEEN yang bercerita banyak tentang dirinya. Setiap film yang dibintangi Lilo pasti laris manis.

Puncak kejayaan Lilo adalah saat film MEAN GIRLS yang dibintanginya bersama Rachel McAdams, Amanda Seyfried, Lacey Chabert, dll menjadi booming. Peran Lilo sebagai Cady, yang sering dibully oleh genk Regina George selalu diingat oleh orang. Bahkan muncul istilah khusus pada orang yang melakukan bullying kepada orang lain sesuai yang ada di film ini. Lilo pun semakin dipuji-puji dan menjadi bintang di masa depan. Bayangkan saja, film dengan budget 17 juta dollar berhasil meraup keuntungan 129 juta dollar.

Bertepatan dengan aktingnya di dunia film yang semakin berjaya, Lilo pun menjajal keuntungannya di dunia tarik suara. Albumnya "SPEAK" lahir di tahun yang sama dengan film MEAN GIRLS. Album ini berhasil mencapai nomer 4 di US. Singelnya yang terkenal adalah RUMOURS dan OVER. Lilo berhasil menancapkan jejaknya di bidang musik. Image yang terbentuk pun positif, Lilo si gadis baik dan bersih.

Namun semua itu pun terjadi. Perceraian kedua orang tua Lilo, Michael dan Dina Lohan, setahun setelah kesuksesan Lilo. Hal inilah yang membuatnya menjadi terpuruk. Dia sempat mengeluarkan single pengakuannya tentang perceraian kedua orangtuanya yang berjudul CONFESSION OF A BROKEN HEART yang menceritakan akibat yang dideritanya dengan perpisahan kedua orang tuanya. Lilo sepertinya terpukul dengan sikap yang diambil kedua orang tuanya itu. Apalagi Lilo terbiasa hidup bahagia, kejadian ini serasa tidak siap dia terima. Keadaan semakin runyam dengan adanya perebutan harta gono gini yang dilakukan kedua orang tuanya.

Disinilah mulai masa kelam Lilo terjadi. Image Lilo sebagai gadis baik-baik berubah seketika. Dia mulai ugal-ugalan. Berita yang ditulis paparazzi pun hampir semuanya negatif. Terlebih setelah dia berpisah dengan long time partnernya, Wilmer Valderrama. Dunia gelap seorang Lilo semakin gelap. 

Tercatat Lilo pernah terlibat hal-hal yang shame herself. Lilo jadi partyholic, suka mabok, dll. Sampai akhirnya dia harus masuk Panti rehabilitasi. Tapi keluar dari panti, Lilo malah ketangkep lagi karena mengemudi dibawah dan kepemilikan obat-obatan. Lilo pun pergi ke meja hijau dan harus menjalani aksi sosial selama 84 jam. Tak sampai disitu, peristiwa bolak balik ke polisi dan masuk ke persidangan untuk kasus-kasus drugs, drunk, dan kekerasan masih terus terjadi. Masih pada inget kan saat dia melempar minuman dan memaki para paparazzi yang mengejarnya? Pokoknya Mbak Lilo ini bener-bener rusak deh.

Belum lagi kabar hubungannya dengan Samantha Ronson, seorang DJ. Mereka dikabarkan lesbian. Film yang dibintangi Lilo pun lebih banyak yang buka-bukaan. Dan jarang yang box office. Lilo pun mulai galak sama siapa saja. Kasus2 kekerasan yang dilakukan oleh dia kerap banyak terjadi. Puncaknya Mbak Lilo harus masuk penjara dan ke panti rehabilitasi lagi. Sepertinya semua pemberitaan Mbak Lilo rentang tahun itu berpusat pada negativitasnya saja. 


Foto mugshoot Mbak Lilo


Sampai akhirnya Lilo keluar dari penjara dan dinyatakan sober pada tahun 2013. Dia melakukan talk show dengan Chelsea Handler. Penampilannya sudah tidak urakan lagi. Dia kembali menjadi si gadis baik-baik. Dia pun mulai ikut meramaikan dunia politik dengan cuitan2 nya. 

Mbak Lilo pun mulai ramai dibincangkan kembali saat kepergok paparazzi sedang membawa Al-Quran di genggaman tangannya. Dia dikabarkan sedang mempelajari Agama Islam juga. Al-Qur'an itu berasal dari seorang temannya yang tinggal di London.


Mbak Lilo kepergok membawa Al-Quran


Dalam sebuah wawancara di acara talk show, Lilo menjelaskan bahwa Al-Quran adalah pelipur lara bagi dirinya dan dia merasa aman saat membacanya. Dia juga merasa tenang setelah membacanya. Mbak Lilo juga sering mendengarkan lantunannya lewat hapenya. 


"My intention wasn't to hold a religious book. I was just holding a religious book, but people in America didn't like it, they judged me for it and were saying nasty things. (The Quran was) a solace and a safe thing for me to have,"

Mbak Lilo juga pernah belajar puasa selama 3 hari saat beliau berada di Kuwait. Dia mengatakan puasa itu berat, tetapi baik baginya. Tak cukup sampai disitu, Lilo pun bergabung dengan misi kemanusiaan dengan membantu para pengungsi syiria, korban kekejaman Bashar Asad. Dia menghabiskan waktu liburannya di Turki untuk misi kemanusian pengungsi Syiria. 

Seiring dengan pendekatannya dengan Islam, akun instagram Lilo pun banyak memposting foto2 dirinya dengan pengungsi Syiria. Kegiatan Lilo ini juga mengantarkannya bertemu dengan Presiden Turki, Recep Erdogan dan ibu negara. Lilo berhasil mengembalikan kembali image positifnya.

Kemudian dunia dikagetkan dengan postingan Lilo memakai jilbab saat berfoto dengan seorang ibu pekerja sosial. Di bawah foto itu tertulis kalau Mbak Lilo diberikan headscarf itu oleh si Ibu dan dia pun memakainya. Berita ini lalu dikaitkan dengan convert nya Mbak Lilo. Belum lagi Mbak Lilo jadi sering menulis "Alaikum Salam" pada setiap postingannya. Namun berita Mbak Lilo masuk Islam masih belum terjawab.


Mbak Lilo berhijab


Mbak Lilo kembali membuat heboh dunia selebriti saat dia menghapus semua foto di akun Instagramnya! Padahal terakhir saya masih melihat postingan Mbak Lilo yang sedang membangun sebuah villa di Bali. Di akun itu hanya tersisa tulisan "Alaikum Salam". 


Mbak Lilo menghapus semua postingan di akun Instagramnya

Sebenarnya Mbak Lilo ini bukan orang pertama yang suka dengan salam gaya muslim ini. Jauh sebelum Mbak Lilo, penyanyi Sherryl Crow malah pernah membuat sebuah lagu dengan judul "Peace be upon Us" yang artinya "Assalamu'alaikum". Tetapi gaungnya memang tidak seheboh Mbak Lilo.

Pada saat dia memposting gambar di Instagram lagi, dia memuat foto dirinya dengan Presiden Erdogan dan ibu negara serta seorang anak pengungsi Syiria. Tak lama diikuti dengan postingan beliau yang mengutip hadits nabi. Orang2 semakin yakin bahwa Lilo sudah masuk agama Islam.




Bagi saya sendiri ini adalah perubahan yang sangat baik dari Lilo. Dia menemukan kedamaian kembali setelah bersentuhan dengan Islam. Persis yang tergambarkan dalam sebuah ayat :

Allah adalah wali/penolong bagi orang-orang yang beriman, Allah mengeluarkan mereka dari kegelapan-kegelapan menuju cahaya. Adapun orang-orang kafir maka penolong-penolong mereka adalah thaghut, yang mereka itu mengeluarkan mereka dari cahaya menuju kegelapan-kegelapan. Mereka itulah para penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS. al-Baqarah: 257)

Dalam dunia ketergantungan obat, orang yang sudah bersih dari obat dan tidak tergantung lagi maka diberi istilah "sober" atau "clean", dan Lilo benar-benar sudah CLEAN. Dia mengubah image MEAN GIRL menjadi CLEAN GIRL. Keren banget!


Rain came pouring down when I was drowningThat's when I could finally breatheAnd by morning gone was any trace of you,I think I am finally clean
-Clean, Taylor Swift- 

Islam itu hadir pada saat Lilo sedang mencari cahaya dari gelapnya hidup. She found a light in the end of the tunnel. Cahaya ini membawanya pada kedamaian hidup dan mengembalikan kembali hidupnya yang dulu pernah hilang. 

Al-Quran telah menenangkan gundah, resah, dan gejolak dalam dirinya. Benarlah bahwa Al-Quran itu adalah syifa, penyembuh/obat. Maka Mbak Lilo menapaki hidupnya kembali dengan penuh aura positif dan jiwa yang tenang. Ditambah lagi dia mengaktifkan dirinya pada aktivitas kemanusian dengan menolong pengungsi Syiria. Dikelilingi aktivis kemanusian Turki yang kebanyakan beragama Islam, menjadi Mbak Lilo semakin akrab dengan nilai-nilai Islam.

Akhirnya, Mbak Lilo semoga segera mendapat hidayah ya. Dia sudah berada di jalan yang tepat, semoga banyak yang membimbing dia untuk istiqomah dan tak berubah haluan kembali. Aamiiin. Sungguh, Mbak Lilo telah kembali menjadi diriya yang dulu, bahkan lebih baik karena concern nya terhadap Islam. Awesome! Kamu benar-benar keren mbak Lilo!***(yas)




Jakarta, 8th of February 2017
at my room, 00.11 am




Berikut saya berikan video wawancara Mbak Lilo :





Wawancara dengan TV Kuwait :



Lagu "Peace Be Upon Us" by Sherryl Crow :





2 comments:

Anonymous said...

First of all, she was never a bad girl. She was always good at heart and always helped people, unfortunately she made wrong choices and it only hurt herself. Second, she did not convert to any religion, she never said that, just learn to interpret. Lastly, if you do not know her story you should research better. I believe that you, like a lot of people, love her because of a supposed religion and not her work. That's disgusting.

The Wanderer said...

Dont get wrong! I love her since her Parent's trap movie. But since she did any bad thing and her movies choice not so good, I left her fo awhile. Don't judge me if you didnt know me. When I was writing this article I opened many resources. I said at the first she was a good girl then change into a bad girl (you can't deny it) and then she back again in the right path. I also didnt say she has converted but I wrote she learns a lot about Islam. She reads Quran and if she will she will embrace Islam.
If I dont know abour her story, I would not write this article. I know her songs and I know about her.